Sabtu, 02 November 2013

Komposisi Cream Siang Yashodara


Komposisi Cream Siang Yashodara – Panasnya terik matahari pada siang hari dapat membuat kulit wajah Anda berwarna gelap dan kelihatan kusam. Dengan memakai cream siang Yashodara, maka kulit wajah Anda akan terlindungi dari sengatan sinar matahari ini. Selain itu, cream siang ini juga mempunyai khasiat untuk mencerahkan atau memutihkan kulit wajah dan sebagai alas bedak (foundation), atau bisa juga langsung Anda pakai sebagai bedak. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai bahan komposisi yang terkandung dalam Cream Siang Yashodara:

Alpha Arbutin
Alpha arbutin merupakan generasi terbaru dalam dunia kosmetik, merupakan senyawa biosintesis yang murni dan mudah larut dalam air.

Senyawa Alpha arbutin ini memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia kosmetik dan kecantikan yaitu sebagai pemutih atau pencerah alami yang jauh lebih aman daripada senyawa merkuri dan hidrokuinon. Alpha arbutin merupakan pemutih alami ganda yang berperan dalam menghambat aktivitas tirosinase kulit untuk mengurangi pembentukan melanin dan juga keluarnya flek. Diformulasikan secara spesial yang menjadikannya sebagai whitening agent no. 1 di dunia. Berdasarkan beberapa penelitian, Alpha arbutin bekerja lebih aman, lebih cepat dan lebih efisien dibandingkan hidrokuinon, kojic acid atau beta arbutin.

Alpha arbutin dipercaya lebih ampuh untuk mencerahkan kulit, karena dapat menghambat aktivitas enzim tyrosinase (enzim penyebab proses pembentukan melanin kulit) dengan lebih efektif tanpa efek samping. Alpha arbutin pada beberapa merk kosmetik bahkan dinyatakan sebagai agen anti aging, yakni dapat merangsang produksi kolagen sehingga menghambat proses penuaan dini dan membuat kulit lebih halus, selain juga mengandung anti inflammatory yang bersifat anti peradangan dan efektif mencegah iritasi pada kulit.

Sumber utama untuk Alpha arbutin adalah sejenis pohon atau semak cemara kecil yang disebut Bearberry. Tumbuhan Bearberry lebih banyak tumbuh di belahan bumi bagian Utara dan paling sering ditemukan di daerah pegunungan.

Sebagai gambaran reaksi enzimatis penghambatan oleh Alpha arbutin dapat digambarkan seperti diagram di bawah ini:


Ekstrak Lidah Buaya
Lidah buaya atau Aloe vera merupakan sejenis tumbuhan yang sudah lama dikenal sejak puluhan ribu tahun yang lalu dan banyak dimanfaatkan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, manfaat tanaman lidah buaya berkembang sebagai bahan baku industri farmasi dan kosmetika, serta sebagai bahan makanan dan minuman kesehatan. Selain itu, lidah buaya juga berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan membantu proses regenerasi sel.

Berdasarkan hasil penelitian, tanaman ini kaya akan kandungan zat-zat seperti enzim, asam amino, mineral, vitamin, polisakarida dan komponen lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Lidah buaya mengandung semua jenis vitamin kecuali vitamin D, mineral yang diperlukan untuk fungsi enzim, saponin yang berfungsi sebagai anti mikroba dan 20 dari 22 jenis asam amino. Dalam penggunaannya untuk perawatan kulit, Aloe vera berkhasiat untuk menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda, mengurangi peradangan serta perbaikan dan peremajaan kulit. Namun sayangnya, beragam manfaat yang terkandung dalam lidah buaya ini ternyata pemanfaatannya masih belum optimal di masyarakat yang kebanyakan hanya menggunakannya sebagai penyubur rambut saja.

Khasiat lidah buaya yang mungkin belum banyak diketahui oleh sebagian orang yaitu ternyata tanaman ini dapat bermanfaat untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari (sinar UV). Kulit yang terlindungi dari sinar matahari akan menjadi tampak lebih putih dan cerah, tidak berwarna gelap dan kusam.

Karena kandungan Asam Salcylic dan antioksidannya yang tinggi, lidah buaya sering digunakan dalam produk perawatan kulit yang berperan sebagai anti-penuaan dan agen penyembuhan iritasi. Selain itu, ekstrak lidah buaya ini dapat meremajakan kulit kembali dengan cara menambah kekenyalan kulit dan memperbaiki kulit bersisik.

AHA Natural
Alpha Hidroxy Acid (AHA) merupakan bahan anti penuaan yang sangat efektif untuk meremajakan kulit wajah, mengurangi tanda-tanda penuaan, membersihkan dan melembabkan wajah. AHA telah banyak dimanfaatkan dalam berbagai produk perawatan wajah. Banyak sekali yang merekomendasikan pemakaian bahan Alpha Hidroxy Acid sebagai perawatan kecantikan wajah. AHA ini memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kulit, antara lain:
1.    Mengurangi garis-garis halus dan kerutan di wajah.
2.    Meningkatkan produksi kolagen alami pada kulit.
3.    Memperbaiki lapisan kulit yang rusak akibat sengatan sinar matahari.
4.    Meningkatkan dan memperbaiki keelastisan dan ketebalan kulit.
5.    Membuat kulit menjadi kelihatan lebih halus dan lembut.
6.    Mengurangi jerawat dan komedo.
7.    Mengecilkan lubang pori-pori kulit yang membesar.
8.    Meningkatkan warna kulit (hiperpigmentasi, blothiness, meringankan bintik-bintik penuaan di wajah).
9.    Sangat efektif untuk merawat kulit kering.

Licorice
Licorice adalah serum yang diekstrak dari akar dan batang tanaman keluarga kacang polong “licorice”. Berisi ekstrak akar Glycyrrhiza glabra (Licorice) yang memiliki efek anti-inflamasi dan meringankan iritasi kulit.

Licorice sangat bagus untuk iritasi dan peradangan. Licorice mengobati kulit kasar/kesat yang disebabkan oleh alergi, jerawat yang meradang dan iritasi yang disebabkan oleh sengatan matahari. 

Dalam sebuah laporan yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Prevention Research, para ilmuwan mengatakan akar licorice diketahui memiliki efek anti inflamasi dan anti kanker.

Dari riset yang terbaru, para ilmuwan mengekstraksi isoangustone A dari akar licorice dan menerapkannya pada sel kanker kulit di laboratorium.
Senyawa memperlambat tingkat di mana sel-sel kanker kulit mereproduksi sebagian dengan menghalangi pelepasan protein tertentu yang diperlukan bagi mereka.
Saat para ilmuwan memberikan ekstrak tersebut pada tikus dengan kanker kulit memiliki efek yang sama menekan pertumbuhan tumor.

Licorice juga telah menjadi obat yang populer dalam mengobati luka. Balm yang terbuat dari akar tersebut dapat mengurangi penyakit agar tidak semakin parah.

Vitamin B3
Ada 2 enzim penting yang berkontribusi terhadap produksi energi sel dan lipid yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan sel, yaitu NADH dan NADPH.

Dengan pasokan yang cukup dari kedua enzim tersebut, kulit Anda menciptakan penghalang yang efektif untuk faktor eksternal yang mempengaruhi proses penuaan. Namun, tingkat NADH dan NADPH akan menurun saat kita beranjak tua. Nah, bila diterapkan secara topikal, vitamin B3 terbukti dapat mengurangi tingkat penurunan kedua enzim ini.

Aplikasi topikal dari vitamin B3 ini dapat membantu menjaga tingkat NADH dan NADPH, sekaligus berkontribusi untuk membentengi kulit Anda terhadap polutan dan iritan lainnya. Karenanya, kondisi kulit, seperti jerawat, kemerahan (yang berhubungan dengan Rosacea), dan tanda-tanda peradangan lainnya dapat diatasi dengan baik menggunakan vitamin B3.

Selain itu, vitamin B3 juga telah terbukti mendorong produksi emolien alami yang dapat membantu kulit tetap terhidrasi (segar). Dengan demikian, jika asupan vitamin B3 topikal cukup, maka secara tidak langsung akan mengurangi terjadinya kerutan pada kulit wajah.

Allantoin
Produk-produk kecantikan yang mengandung Allantoin dapat membantu menjaga kulit tetap halus, lembut dan sehat. Allantoin juga membantu melindungi kulit terhadap iritasi, dan dapat ditambahkan ke produk kosmetik untuk melawan efek pengeringan atau iritasi akibat penggunaan sabun, deterjen, alkohol, atau asam yang berlebihan.

Allantoin dapat menghaluskan kulit dengan cara membantu pengikisan sel kulit mati dan melindungi kulit dari zat-zat yang mengiritasi dan dari stress mekanik. Orang dengan kulit sensitif lebih aman menggunakan produk kecantikan berbahan dasar Allantoin.

Mushroom Extract/Beta Glucan
Beta Glucan merangsang macrophage, yaitu sel darah putih yang berguna untuk melindungi dan meningkatkan sistem kekebalan untuk melakukan perlawanan terbaik kepada penyebab berbagai penyakit yang menyerang kesehatan. Sel Macrophage adalah salah satu jenis sel pokok yang berperan aktif untuk mendukung kekebalan alami. Mereka menelan partikel asing dan menghancurkan mereka.

Hasil riset telah membuktikan bahwa Mushroom Extract/Beta Glucan memiliki sifat regeneratif kulit yang luar biasa, yang meliputi revitalisasi sel-sel kekebalan di kulit, regenerasi sel yang memproduksi kolagen dan memperkuat kemampuan kulit untuk mengatasi dampak lingkungan yang merugikan, membantu proses anti-penuaan dan mencegah terjadinya keriput.

Beta Glucan diambil dari bahan alami yang didapat dari dinding sel ragi/yeast (Saccharomyes cerevisae). Sumber lain Beta Glucan adalah gandum, barli, jamur dan ganggang.

Witch Hazel
Witch hazel telah lama dikenal sejak berabad-abad yang lalu sebagai obat alami. Dalam dunia kosmetik, Witch hazel merupakan bahan yang sangat baik untuk toner dan pelembab yang berfungsi mengontrol minyak dan juga dapat menawarkan hidrasi dan mengurangi kemerahan. Witch hazel dapat digunakan pada luka, memar, dan bengkak.

Witch hazel diambil dari tanaman yang bernama Hamamelis virgiana. Tanaman ini tumbuh di Amerika Utara dan Eropa, daun dan batang pohon biasa digunakan sebagai obat.

Bahan aktif yang terkandung dalam Witch hazel adalah minyak atsiri serta tannin, sehingga memberikan efek astringent. Witch hazel juga memiliki efek sebagai antiinflamasi/anti radang topikal, bisa mempercepat penyembuhan luka, mengatasi skin ulcer, serta eczema.

Tocopherol (Derivat Vitamin E)
Tocopherol atau vitamin E tidak larut dalam air tetapi larut dalam pelarut lemak seperti minyak, lemak, alkohol, aseton, eter dan sebagainya.

Vitamin E berperan sebagai antioksidan dan terlibat dalam banyak proses tubuh dan bekerja sebagai antioksidan alami yang membantu melindungi struktur sel yang penting terutama membran sel dari kerusakan akibat adanya radikal bebas. Dalam melaksanakan fungsinya sebagai antioksidan dalam tubuh, vitamin E bekerja dengan cara mencari, bereaksi dan merusak rantai reaksi radikal bebas Y.

Vitamin E mempunyai manfaat yang sangat penting untuk kesehatan kulit, yaitu dengan menjaga, meningkatkan elastisitas dan kelembapan kulit, mencegah proses penuaan dini, melindungi kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar ultraviolet, serta mempercepat proses penyembuhan luka.

Tokopherol banyak dipakai dalam pembuatan kosmetik dan produk perawatan kecantikan seperti lipstik, eye shadow, bedak dan pelembab wajah, produk perawatan kulit, sabun mandi dan deterjen, kondisioner rambut, dan banyak produk lainnya.

Titanium Dioksida
Titanium dioksida merupakan senyawa oksida alami dari elemen titanium. Sering dikenal juga sebagai titanium (IV) oksida atau titania. Zat ini merupakan senyawa mineral alami yang memiliki sifat refraksi atau pemantulan cahaya yang sangat efektif sehingga banyak digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan tabir surya karena mencegah penyerapan sinar ultraviolet dari matahari.

Tidak hanya itu saja, titanium dioksida juga merupakan salah satu bahan pemutih yang ada di muka bumi, yang telah mendapatkan julukan sebagai “titanium putih”. Karena alasan ini, titanium dioksida sering digunakan dalam pembuatan produk-produk kosmetik untuk mencerahkan kulit.