Kamis, 02 Januari 2014

Masker Alami Untuk Memutihkan Wajah


Masker Alami Untuk Memutihkan Wajah – Membuat masker pemutih wajah sendiri dari buah-buahan juga merupakan salah satu cara untuk bisa mendapatkan kulit wajah putih selain memakai obat atau cream pemutih wajah buatan pabrik yang beredar di pasaran. Mungkin karena keterbatasan dana untuk membeli cream pemutih wajah, sedikitnya waktu luang untuk bisa membuat ramuan sendiri, atau bisa juga karena takut kalau produk pemutih wajah buatan pabrik yang dijual di pasaran mengandung zat kimia berbahaya yang bisa merugikan kesehatan sehingga membuat sebagian orang lebih memilih untuk membuat masker pemutih wajah alami sendiri di rumah.

Membuat sendiri ramuan masker alami untuk memutihkan wajah memiliki kelebihan yaitu harganya lebih murah sehingga tidak perlu banyak menguras uang belanja Anda setiap bulan. Selain itu, masker pemutih wajah yang dibuat dari bahan-bahan yang masih bersifat alami lebih aman untuk kesehatan dan sama sekali tidak menimbulkan efek samping seperti iritasi kulit, pengelupasan kulit, gangguan ginjal, kanker kulit, jerawat, flek hitam, dll. Walaupun begitu, membuat ramuan masker pemutih wajah alami sendiri di rumah ternyata juga memiliki beberapa kelemahan atau kekurangan yaitu terlalu ribet atau kurang praktis, menyita banyak waktu untuk proses pembuatan ramuan, dan hasil yang diperoleh pun sangat lama.

Bagi sebagian orang, membuat sendiri masker alami untuk memutihkan wajah masih merupakan pilihan utama yang biasa mereka kerjakan secara rutin setiap minggu atau setiap beberapa hari sekali. Walaupun hasil yang akan diperoleh terbilang sangat lama tetapi lebih aman bagi kesehatan karena sifatnya yang masih alami. Bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk membuat masker wajah ini sangat banyak tersedia di sekitar kita. Bisa dibuat dari buah-buahan, sayur-sayuran, tanaman obat, madu, susu, telur, dll. Untuk bisa mendapatkan masker yang bagus, pilihlah bahan-bahan yang berkualitas seperti buah yang sudah benar-benar matang dan masih terlihat segar dan tidak busuk. Jangan pilih buah yang masih mentah karena kandungan zat gizi yang bermanfaat seperti vitamin dan antioksidannya masih sedikit. Selain itu juga biasanya buah yang masih mentah bersifat keras, sedikit kadar air, dan juga bergetah sehingga kurang cocok untuk dibuat masker. Berikut ini bahan-bahan dan cara membuat masker pemutih wajah alami:

a) Alpukat / Avokad
Buah alpukat memiliki kandungan lemak nabati yang cukup tinggi yang berkhasiat untuk melembabkan kulit sehingga cocok digunakan untuk perawatan kulit kering agar menjadi lebih lembab, lembut dan kencang. Cara pembuatannya yaitu haluskan 1 buah avokad, campur dengan 1 sdm madu dan aduk hingga merata. Setelah bahan tercampur rata, oleskan pada kulit wajah. Diamkan terlebih dahulu sekitar 15 menit sampai masker mengering, lalu bilas menggunakan air hangat.

b) Lidah Buaya
Tanaman lidah buaya sudah lama dikenal sebagai penyubur rambut dan obat luka bakar. Tanaman ini juga memiliki manfaat untuk melindungi kulit dari radiasi sinar matahari sehingga sangat cocok untuk bahan pembuatan cream pemutih wajah. Cara membuat masker lidah buaya yaitu ambil 4 sdm daging lidah buaya dan tambahkan 1 sdm madu, campur sampai rata. Setelah itu, oleskan masker pada seluruh permukaan kulit wajah hingga rata. Diamkan sekitar 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

c) Telur
Pada telur ada 2 bagian yang bisa digunakan untuk perawatan kulit yaitu putih telur dan kuning telur. Putih telur sangat cocok dipakai untuk jenis kulit berminyak dan dapat membantu mengembalikan kulit wajah yang kendur agar menjadi lebih kencang. Caranya kocok 1 butir putih telur lalu campur dengan air perasan setengah buah jeruk nipis dan parutan kulit jeruk nipis. Diamkan terlebih dahulu selama 1 malam dengan tujuan agar telur dapat menyerap minyak dari kulit jeruk. Setelah itu, oleskan masker putih telur pada seluruh permukaan wajah dan biarkan kurang lebih sekitar 15 menit lalu bersihkan menggunakan air hangat.
Sedangkan bagian kuning telur cocok dipakai untuk jenis kulit kering dan normal. Cara membuatnya kocok 1 butir kuning telur lalu campur dengan setengah perasan air jeruk nipis dan parutan kulit jeruk nipis. Diamkan terlebih dahulu selama 1 malam dengan tujuan agar telur dapat menyerap minyak dari kulit jeruk. Setelah itu, oleskan masker kuning telur pada seluruh permukaan wajah dan biarkan sekitar 15 menit lalu bersihkan menggunakan air hangat.

d) Jeruk Manis
Buah jeruk memiliki banyak kandungan vitamin C yang sangat bagus untuk perawatan kulit. Ambil 2 buah jeruk yang segar lalu peras airnya, campur dengan 1 bks gelatin dan aduk sampai rata. Simpan terlebih dahulu dalam lemari pendingin sampai memadat kemudian oleskan pada kulit wajah secara merata dan biarkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin serta keringkan dengan handuk. Masker ini cocok digunakan untuk jenis kulit normal dan berminyak terutama ketika udara panas agar wajah terasa halus dan kencang dan tidak kering. Buah jeruk dan kulitnya juga dapat digunakan sebagai pembersih dan penyegar yang cocok digunakan untuk perawatan kulit berminyak. Sebagai pembersih : rendam kulit jeruk manis dalam air. Tusuk-tusuk menggunakan garpu, dan biarkan selama 1 malam. Gunakan untuk membasuh kulit wajah pada keesokan harinya. Sebagai penyegar : celupkan sepotong kapas ke dalam air, peras, dan teteskan beberapa tetes sari buah jeruk segar, lalu oleskan pada wajah.

e) Jeruk Nipis
Vitamin C dalam buah jeruk nipis ini mempunyai khasiat yang baik untuk kulit. Jerawat pada kulit kombinasi bisa memakai jenis masker jeruk nipis. Manfaat lain dari masker jeruk nipis ini adalah untuk mengatasi penuaan dini. Caranya peras setengah bagian jeruk nipis, campur dengan 1 butir putih telur yang telah dikocok kaku, oleskan pada wajah dan biarkan selama + 15 menit, bilas dengan air hangat. Masker ini dapat digunakan semalaman, untuk memperoleh hasil maksimal.

f) Mentimun
Masker buah mentimun memiliki khasiat untuk memberi kesegaran pada kulit kusam dan terbakar sinar matahari. Buah mentimun juga dapat digunakan  sebagai penyegar. Cara membuat masker, 1 buah mentimun dihaluskan lalu diperas airnya. Tambahkan air perasan mentimun dengan 1 sdm minyak zaitun dan 2 sdm susu bubuk, lalu aduk sampai rata. Oleskan masker mentimun pada seluruh bagian permukaan wajah, diamkan sekitar 15 menit, bersihkan menggunakan air hangat. Cara membuat penyegar, haluskan 1 buah mentimun, lalu diperas dan diambil airnya. Oleskan air mentimun ke seluruh permukaan wajah menggunakan kapas.

g) Pepaya
Buah pepaya memiliki banyak sekali kandungan zat gizi yang bermanfaat untuk meremajakan sel-sel kulit dan mencegah tanda-tanda penuaan dini pada kulit. Masker dari buah pepaya sangat cocok dipergunakan untuk berbagai jenis kulit dan dapat membantu menjaga kelembaban kulit serta dapat mengangkat sel kulit mati. Manfaat buah pepaya yang sangat bagus sehingga dapat digunakan sebagai masker alami untuk memutihkan kulit wajah. Cara membuatnya haluskan seperempat bagian buah pepaya yang sudah matang. Setelah halus, oleskan masker pepaya pada seluruh permukaan kulit wajah. Diamkan terlebih dahulu sekitar 15 menit lalu bersihkan menggunakan air hangat.

h) Tomat
Tomat banyak mengandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Vitamin C ini mempunyai manfaat yang sangat bagus untuk kulit. Penggunaan masker tomat secara rutin berguna untuk memperkecil lubang pori-pori kulit. Cara membuatnya haluskan 1-2 buah tomat dengan menggunakan blender, campur dengan 1 sdm susu bubuk dan 25 cc sari jeruk, kemudian aduk rata. Oleskan masker tomat pada seluruh kulit wajah, diamkan terlebih dahulu sekitar 15 menit, lalu bersihkan dengan menggunakan air hangat.

i) Pisang
Masker alami dari buah pisang dapat digunakan untuk semua jenis kulit terutama untuk kulit berjerawat. Kandungan zat yang terkandung dalam pisang dapat membantu mengempiskan jerawat. Haluskan 1 buah pisang yang sudah matang lalu oleskan pada permukaan kulit wajah dan leher, biarkan selama 15 menit, bilas dengan menggunakan air hangat dan kemudian basuh sekali lagi dengan air dingin.

j) Melon dan Semangka
Buah melon dan semangka memiliki banyak kandungan air sehingga cocok digunakan sebagai bahan masker untuk kulit kering atau terbakar sinar matahari. Caranya ambil beberapa bagian kecil dari daging buah melon atau semangka, haluskandengan blender lalu oleskan pada permukaan kulit wajah, diamkan sekitar 15 menit, bilas dengan air dingin.

k) Bengkoang
Masker alami dari bengkoang dapat bermanfaat untuk memutihkan kulit wajah dan membantu mengurangi lingkaran hitam dan kantung mata yang sering muncul bila kurang tidur. Caranya haluskan 1 buah bengkoang dengan menggunakan parut atau blender. Setelah halus, oleskan masker secara merata ke seluruh permukaan kulit wajah. Biarkan sekitar 15 menit, lalu bilas dengan air hangat.

l) Apel
Buah  apel mengandung suatu zat yang berguna untuk menetralisir minyak yang berlebihan pada wajah sehingga masker dari apel ini sangat cocok dipakai untuk jenis kulit berminyak. Caranya haluskan 2 buah apel bisa memakai parut ataupun blender, oleskan pada kulit wajah secara merata, tunggu kurang lebih sekitar 15 menit dan bersihkan menggunakan air hangat.

m) Wortel
Wortel banyak mengandung vitamin A atau dikenal dengan betakaroten yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit, melembutkan kulit, serta melindungi kulit dari radiasi sinar matahari. Caranya haluskan 2-3 buah wortel dengan parut atau blender, campur dengan 2 sdm madu, aduk sampai merata. Setelah tercampur, oleskan masker wortel ke seluruh bagian permukaan kulit secara merata sambil melakukan pijatan ringan. Diamkan sekitar 15 menit lalu bersihkan dengan air hangat.

n) Susu Bubuk
Susu sudah lama dikenal sebagai pemutih atau pencerah kulit. Masker dari susu bubuk dapat memutihkan, menghaluskan, membersihkan, dan membuat kulit menjadi segar kembali. Bahan yang digunakan adalah susu bubuk full cream yang memiliki banyak kandungan lemak. Caranya ambil 3 sdm susu bubuk, 1 sdm madu dan 2 sdm air hangat, aduk sampai tercampur rata. Setelah rata, oleskan masker susu pada kulit wajah dan leher, diamkan sekitar 15 menit sampai mengering. Setelah masker mengering bilas menggunakan air hangat.

Ramuan masker alami untuk memutihkan wajah ini cara penggunaannya harus dioleskan secara merata ke seluruh bagian permukaan kulit wajah dan juga leher, kecuali bagian bibir dan mata tidak perlu. Tutupi bagian mata dengan menggunakan kapas dan biarkan masker mengering kurang lebih 15-20 menit agar zat nutrisi bisa meresap di kulit.

Setelah masker mengering, proses selanjutnya adalah masker dibersihkan. Caranya adalah masker yang masih menempel di kulit dibuat lembab terlebih dahulu, kemudian baru dibersihkan dengan menggunakan kain atau handuk yang yang telah direndam pada air hangat. Setelah masker dibersihkan, kulit yang tadi diolesi masker segera dikompres menggunakan kain atau handuk yang telah direndam pada air dingin atau air es dengan tujuan agar pori-pori kulit yang sebelumnya membuka ketika perawatan sekarang bisa menutup kembali.

Demikian cara membuat masker alami untuk memutihkan wajah yang dapat saya sampaikan. Bagi Anda yang ingin memutihkan wajah menggunakan cara yang lebih praktis tetapi aman bisa menggunakan Cream Pemutih Wajah Yashodara. Produk ini dibuat dari bahan-bahan yang alami seperti bearberry dan lidah buaya dan juga telah mempunyai nomor izin BPOM, sehingga aman digunakan.