Kamis, 09 Januari 2014

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami


Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah Secara Alami – Flek hitam merupakan salah satu permasalahan yang sering mengganggu penampilan di kulit wajah. Wajah yang banyak terdapat flek atau noda hitam akan dapat mengurangi kecantikan dan juga menurunkan rasa percaya diri pada seseorang. Bagi pria mungkin bukan permasalahan yang sangat serius, namun bagi kaum wanita yang selalu memperhatikan penampilannya flek hitam ini bisa dianggap sebagai suatu permasalahan yang cukup besar. Oleh sebab itu, mereka berusaha keras untuk mencari cara yang ampuh agar dapat menghilangkan flek hitam tersebut.

Sebelum membahas cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami, perlu kita ketahui terlebih dahulu apa saja yang menjadi penyebab munculnya flek hitam ini. Flek hitam yang sering muncul di wajah bisa disebabkan oleh banyak faktor, antara lain:
1.    Paparan Sinar Matahari
Tanpa disadari bahwa setiap hari kulit wajah kita selalu terkena sinar matahari dalam waktu yang cukup lama. Padahal sinar matahari ini, terutama siang dan sore hari ini dapat menyebabkan munculnya flek hitam di wajah. Oleh sebab itu, para wanita sebaiknya memakai sunblock untuk melindungi kulitnya dari panas sinar matahari.
2.    Faktor Genetik yang Diwariskan
Flek hitam juga bisa disebabkan oleh faktor gen yang diwariskan dari ayah, ibu, kakek atau nenek.
3.    Pengaruh Hormon
Ada hormon di dalam tubuh manusia yang bisa memicu timbulnya flek hitam seperti hormon progesteron, estrogen, dan MSH (Melanine Stimulating Hormone).
4.    Penggunaan Obat-Obatan
Konsumsi obat-obatan seperti obat antibiotik dan pil KB dapat memicu munculnya flek hitam di wajah.
5.    Pemakaian Kosmetika
Produk-produk kosmetik juga bisa menyebabkan munculnya flek hitam di wajah, terutama kosmetik yang mengandung zat pewarna, parfum, dan zat-zat kimia lainnya yang dapat menyebabkan terjadinya fotosensitivitas. Fotosensitivitas maksudnya adalah kulit wajah yang diberi kosmetik akan menjadi lebih sensitif jika terkena sinar matahari. Produk-produk kosmetik yang mengandung merkuri juga dapat menyebabkan flek hitam.
6.    Penyakit Jerawat
Jerawat di wajah bisa memunculkan bekas luka atau bintik flek hitam.
Dengan mengetahui faktor apa saja yang dapat menyebabkan terjadinya flek hitam maka kita akan lebih bisa mengontrol atau mencegah agar flek hitam tidak menyerang wajah.

Setelah mengetahui penyebab flek hitam, selanjutnya adalah bagaimana cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang banyak tersedia di sekitar kita. Cara ini tergolong murah dan lebih aman tanpa menimbulkan efek samping karena bahan-bahannya yang bersifat alami. Berikut ini beberapa bahan dan cara yang bisa dengan mudah Anda lakukan:
1.    Menggunakan masker bengkoang
Masker bengkoang bermanfaat untuk menghilangkan flek-flek dan juga mencerahkan kulit. Caranya parut bengkoang yang sudah dicuci dan dikupas kulitnya, lalu gunakan sebagai masker wajah. Biarkan sekitar 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin 3 kali dalam seminggu.
2.    Menggunakan kulit mentimun
Bagian yang sering dimanfaatkan untuk perawatan kulit dari mentimun selama ini adalah daging buahnya saja sebagai masker atau penyegar, sedangkan kulitnya dibuang. Sebenarnya kulit mentimun ini juga memiliki manfaat misalnya untuk menghilangkan flek hitam. Caranya gosokkan kulit mentimun secara perlahan ke bagian kulit yang terdapat flek hitam.
3.    Menggunakan kulit buah pepaya
Sama seperti buah mentimun, selama ini yang paling banyak dimanfaatkan dari buah pepaya adalah dagingnya saja sedangkan kulitnya tidak terpakai. Kulit buah pepaya ini sebenarnya memiliki manfaat untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Caranya gosokkan secara pelan-pelan kulit buah pepaya yang sudah matang ke kulit yang ada flek hitamnya.
4.    Menggunakan kulit buah Pisang Mas
Kulit buah Pisang Mas sangat bagus untuk menghilangkan noda-noda hitam di kulit. Anda hanya perlu menggosok-gosokkannya di bagian kulit yang terdapat flek hitam, lalu biarkan terlebih dahulu sampai mengering. Setelah itu bersihkan dengan air. Bila Anda mengerjakannya secara rutin, flek hitam di wajah akan menjadi hilang dan kulit menjadi tampak lebih bersih.
5.    Menggunakan irisan buah jeruk
Buah jeruk banyak digunakan dalam perawatan kulit. Jeruk memiliki manfaat untuk membersihkan, mengangkat sel-sel kulit mati, dan menghilangkan flek hitam di kulit wajah. Caranya potong buah jeruk tipis-tipis, kemudian tempelkan irisan jeruk pada seluruh permukaan wajah. Diamkan sebentar lalu bersihkan dengan air.
6.    Menggunakan masker lidah buaya
Lidah buaya selain bermanfaat untuk menyuburkan rambut juga memiliki khasiat untuk kulit. Bagi kulit, lidah buaya bermanfaat sebagai obat luka bakar, pendingin, melindungi kulit dari sinar matahari, dan juga menghilangkan flek hitam. Caranya haluskan lidah buaya lalu campur dengan sedikit minyak zaitun. Gunakanlah ramuan ini sebagai masker wajah. Setelah 15 menit, bersihkan dengan air.
7.    Jus tomat dan jeruk
Buah tomat dan jeruk ini banyak mengandung vitamin C sebagai antioksidan yang berperan dalam menangkal radikal bebas. Konsumsi rutin jus tomat dan jeruk dapat bermanfaat untuk menghilangkan flek hitam di wajah secara bertahap.
8.    Rajin minum air putih setiap hari
Selalu rutin minum air putih sekitar 8 gelas sehari juga bagus untuk membuang racun-racun yang ada di dalam tubuh, menjaga kelembaban kulit, dan mengurangi flek hitam secara berangsur-angsur.

Selain menggunakan bahan-bahan alami di atas, Anda juga bisa memakai produk pemutih wajah alami seperti Cream Yashodara sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami. Menggunakan Cream Yashodara terhitung lebih praktis dan terbukti sangat efektif untuk menghilangkan flek hitam di kulit wajah. Anda pun juga tidak perlu khawatir akan segi keamanannya karena produk ini telah terdaftar di BPOM RI.

Silakan baca juga artikel yang lain tentang Cara Memutihkan Wajah Secara Alami.